SELAMAT DATANG

Senin, 19 April 2010

flowchart (translete from wikipedia)

flowchart adalah tipe diagram umum, yang merupakan algoritma atau proses, menunjukkan langkah-langkah sebagai kotak berbagai jenis, dan pesanan mereka dengan menghubungkan ini dengan anak panah. Representasi diagram ini bisa memberikan solusi langkah-demi-langkah untuk masalah tertentu. Data direpresentasikan dalam kotak, dan panah menghubungkan mereka mewakili aliran / arah aliran data. Flowchart digunakan dalam menganalisis, merancang, mendokumentasikan atau mengelola proses atau program di berbagai bidang.


 Sejarah
Metode terstruktur aliran pertama untuk mendokumentasikan proses, "aliran proses diagram", diperkenalkan oleh Frank Gilbreth kepada anggota American Society of Mechanical Engineers (ASME) tahun 1921 dalam presentasi "Proses Grafik-Langkah-Langkah Pertama di Mencari Jalan Satu Jawaban ". alat Gilbreth dengan cepat menemukan cara mereka ke dalam kurikulum teknik industri. Pada awal 1930-an, seorang insinyur industri, Allan H. Mogensen mulai orang pelatihan bisnis dalam penggunaan beberapa alat teknik industri pada-Nya Penyederhanaan Pertemuan Kerja di Lake Placid, New York.
Lulusan 1944 kelas Mogensen's, Seni Spinanger, mengambil alat kembali ke Procter and Gamble di mana ia mengembangkan yang sengaja Ubah Metode Program. Lulusan lain 1944, Ben S. Graham, Direktur Teknik Formcraft di Standard Register Corporation, mengadaptasi diagram alir proses pengolahan informasi dengan perkembangan tentang proses multi-bagan arus untuk menampilkan beberapa dokumen dan hubungan mereka. 1947 [2] Dalam, ASME mengadopsi simbol set berasal dari karya asli Gilbreth sebagai Standar ASME untuk Proses Charts oleh Mishad, Ramsan & Raiaan.
Douglas Hartree menjelaskan bahwa Herman Goldstine dan John von Neumann mengembangkan diagram alur (awalnya, diagram) untuk merencanakan program komputer [3] account kontemporer-Nya yang didukung oleh para insinyur IBM [4] dan oleh kenangan pribadi Goldstine's [5.] Pemrograman asli. diagram alir dari Goldstine dan von Neumann dapat dilihat dalam laporan tidak diterbitkan mereka, "direproduksi Perencanaan dan coding masalah untuk instrumen komputasi elektronik, Bagian II, Volume 1" (1947), yang dalam karya-karya von Neumann dikumpulkan. [6]
Flowchart digunakan untuk menjadi alat populer untuk menggambarkan algoritma komputer dan masih digunakan untuk tujuan ini. [7] teknik modern seperti UML diagram aktivitas dapat dianggap sebagai perpanjangan dari diagram alur. Pada 1970-an popularitas diagram alur sebagai metode sendiri menurun ketika terminal komputer interaktif dan bahasa pemrograman generasi ketiga menjadi alat perdagangan umum, karena algoritma dapat dinyatakan jauh lebih ringkas dan readably sebagai kode sumber dalam bahasa seperti. Sering pseudo-kode yang digunakan, yang menggunakan idiom umum bahasa tersebut tanpa ketat mengikuti rincian satu tertentu.

Contoh Sebuah flowchart sederhana untuk komputasi N faktorial (N!)
Sebuah flowchart untuk komputasi N faktorial (N!) Di mana N! = (1 * 2 * 3 * ... * N), lihat gambar. flowchart ini merupakan sebuah loop "dan setengah" - situasi yang dibahas dalam buku teks pengantar pemrograman yang membutuhkan baik duplikasi komponen (menjadi baik di dalam dan luar loop) atau komponen yang akan dimasukkan ke dalam cabang di loop. (Catatan: Beberapa buku merekomendasikan ini loop "dan setengah" karena dianggap struktur buruk, bukan sebuah 'membaca priming' harus digunakan dan loop harus kembali kembali ke pertanyaan awal dan tidak di atasnya. [8])
Sebuah flowchart khas dari buku teks yang lebih tua Ilmu Komputer mungkin memiliki simbol jenis berikut:
Mulai dan berakhir simbol
    
Digambarkan sebagai lingkaran, oval atau empat persegi panjang bulat, biasanya mengandung kata "Start" atau "End", atau frase lain isyarat awal atau akhir dari sebuah proses, seperti "submit penyelidikan" atau "terima produk".
Panah
    
Menampilkan apa yang disebut "aliran kontrol" dalam ilmu komputer. Panah datang dari satu simbol dan berakhir pada simbol lain menyatakan bahwa kontrol lolos ke simbol titik panah.
Pengolahan langkah
    
Digambarkan sebagai persegi panjang (atau oblongs). Contoh: "Tambahkan 1 ke X"; "menggantikan diidentifikasi bagian"; "simpan perubahan" atau mirip.
Input / Output
    
Direpresentasikan sebagai jajar genjang. Contoh: Dapatkan X dari pengguna; tampilan X.
Bersyarat atau keputusan
    
Direpresentasikan sebagai berlian (belah ketupat). Ini biasanya berisi Ya / Tidak ada pertanyaan atau Benar / Salah tes. Simbol ini adalah unik karena memiliki dua anak panah keluar dari itu, biasanya dari titik bawah dan kanan titik, satu sesuai dengan Ya atau Benar, dan terkait dengan satu No atau False. Anak panah selalu harus diberi label. Lebih dari dua panah dapat digunakan, tetapi ini biasanya merupakan indikator jelas bahwa keputusan yang kompleks sedang diambil, dalam hal ini mungkin perlu dipecah-down lebih lanjut, atau diganti dengan proses "pra-didefinisikan" simbol.
Sejumlah simbol lain yang memiliki mata uang universal kurang, misalnya:

    
* Sebuah Dokumen direpresentasikan sebagai persegi panjang dengan dasar bergelombang;
    
* Sebuah masukan Manual diwakili oleh genjang, dengan bagian atas tidak teratur miring dari kiri ke kanan. Contohnya adalah untuk menunjukkan data-entry dari formulir;
    
* Operasi Manual diwakili oleh sebuah trapesium dengan sisi sejajar terpanjang di atas, untuk mewakili operasi atau penyesuaian untuk proses yang hanya dapat dibuat secara manual.
    
* Sebuah Data File diwakili oleh silinder.
Flowchart dapat berisi simbol-simbol lainnya, seperti konektor, biasanya digambarkan sebagai lingkaran, untuk mewakili konvergen dalam diagram alur jalan. Lingkaran akan memiliki lebih dari satu arrow masuk ke mereka tapi hanya satu yang akan keluar. Beberapa diagram alur hanya mungkin memiliki titik panah untuk panah lain sebagai gantinya. Ini berguna untuk mewakili proses berulang-ulang (apa di bidang Ilmu Komputer disebut lingkaran). Sebuah lingkaran akan mungkin, misalnya, terdiri dari konektor mana kontrol pertama masuk, langkah-langkah pengolahan, yang bersyarat dengan salah satu panah keluar loop, dan satu akan kembali ke konektor. Off-halaman konektor sering digunakan untuk menunjukkan sambungan ke bagian (proses lain) diadakan pada lembar lain atau layar. Adalah penting untuk mengingat untuk menjaga hubungan ini logis dalam rangka. Semua proses harus mengalir dari atas ke bawah dan kiri ke kanan.

Jenis-jenis flowchart Contoh sistem flowchart.
Sterneckert (2003) menyarankan bahwa diagram alur dapat dimodelkan dari perspektif kelompok pengguna yang berbeda (seperti manajer, analis sistem dan panitera) dan bahwa ada empat tipe umum: [9]

    
* Dokumen diagram alur, menunjukkan kontrol atas aliran-dokumen melalui sistem
    
* Data diagram alur, kontrol menunjukkan melalui data mengalir dalam sistem
    
* Sistem kontrol menunjukkan diagram alur pada tingkat fisik atau sumber daya
    
* Program flowchart, menunjukkan kontrol dalam sebuah program dalam suatu sistem
Perhatikan bahwa setiap jenis flowchart memfokuskan pada beberapa jenis kontrol, bukan pada aliran tertentu itu sendiri. [9]
Namun ada beberapa klasifikasi ini. Sebagai contoh Andrew Veronis (1978) bernama tiga jenis dasar dari diagram alur: oleh diagram sistem, oleh diagram umum, dan flowchart terperinci [10.] Pada tahun yang sama Marilyn Pangeran Bohl (1978) menyatakan "dalam praktik, dua jenis diagram alur yang digunakan dalam solusi perencanaan: diagram alur sistem dan diagram alur program ...".[ 11] Baru-baru ini Mark A. Fryman (2001) menyatakan bahwa ada perbedaan lagi: "Keputusan diagram alur, diagram alur logika, diagram alur sistem, diagram alur produk, dan diagram alir proses hanya beberapa jenis flowcharts bahwa digunakan dalam bisnis dan pemerintah ". [`12]
Selain itu, ada banyak teknik diagram yang mirip dengan diagram alur tetapi membawa nama yang berbeda, kegiatan seperti diagram UML.



Buku petunjuk
Setiap program menggambar dapat digunakan untuk membuat Diagram flowchart, tapi ini tidak akan memiliki data model dasar untuk berbagi data dengan database, atau program lain seperti sistem manajemen proyek atau spreadsheet. Beberapa alat menawarkan dukungan khusus untuk menggambar flowchart, misalnya, Visio, OmniGraffle.
Banyak paket perangkat lunak ada yang dapat membuat diagram alir secara otomatis, baik secara langsung dari kode sumber, atau dari bahasa flowchart deskripsi.
 
Readmore »» flowchart (translete from wikipedia)

Minggu, 18 April 2010

flowchart 12.1A.13 / TA 09-10 GNP

Buatlah flowchart untuk menghitung IPK dari mahasiswa dengan ketentuan sbb :
1. Bobot masing2 grade
A = 4, B = 3, C = 2, D = 1
2. Cakupan grade :
A = 81 – 100
B = 65 – 80
C = 49 – 64
D <>
3. hasil = bobot grade * besar sks
4. jumlah = hasil 1 + hasil 2 + hasil 3 + …
5. total sks = besar sks1 + besar sk2 + besar sks3 + …
6. IPK = jumlah / total sks
Outputnya :
NIM : ( NIM mahasiswa )
Nama mahsiswa : ( nama mahasiswa tersebut )
Kelas : ( kelas mahasiswa tersebut )
Nama mata kuliah :
1. ( nama mata kuliah1 ) ( nilai ) ( grade ) ( besar sks1 ) ( hasil1)
2. ( nama mata kuliah2 ) ( nilai) ( grade ) ( besar sks2 ) ( hasil2 )


dan seterusnya
____________________________________________________
                                               Total sks ……………
Jumlah ………….
IPK ………….


jawaban :










Readmore »» flowchart 12.1A.13 / TA 09-10 GNP