SELAMAT DATANG

Rabu, 24 Agustus 2011

Jengkel Kalau Orang bilang "INSYA ALLAH" (palsu)

(23). Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: "Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi, (24) kecuali (dengan menyebut): "Insya Allah". Dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan katakanlah: "Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya dari pada ini." (QS Al Kahfi)

PADAHAL saya tahu bahwa ayat diatas memang menganjurkan untuk mengucapkan Insya Allah, tapi kenapa belakangan ini, saya malah jengkel bila mendengar orang mengucapkan Insya Allah Ketika saya mengajak pergi ke acara ataupun lainnya, saya sering mendapatkan teman saya mengucapkan INSYA ALLAH, tapi kebanyakan pada waktu yang dijanjikan selalu tidak tepat dan sering menjadi hal yang tidak akan terjadi, sangatlah membuat jengkel apalagi saya sudah yakin bahwa akan terjadi paling tidak 97%..

 Sebenarnya apa sih makna dari INSYA ALLAH??

Insya'Allah adalah ucapan seseorang yang menyertai pernyataan akan berbuat sesuatu pada masa yang akan datang. Dengan mengucapkan perkataan ini seorang muslim telah berjanji untuk melakukan perbuatan tersebut kecuali tidak memungkinkan pada saat akan dilakukan.(Wikipedia)


well, kalau saya yang ambil garis besar sih, maknanya yaitu sama dengan JANJI dan benar-benar akan kita tepati jadi kedudukannya sudah menjadi 99%, dan 1%nya kita serahkan pada Allah, apakah pada saat waktu yang ditentukan ada kejadian yang benar-benar dapat membatalkan kita untuk tidak bisa menepati, misalnya pada saat kita akan menghadiri acara tersebut kita kecelakaan, nah itu kejadian yang tidak bisa diduga, hanya Allah yang menentukan.

hati-hati berucaplah.. dengan mengucapkan INSYA ALLAH, bukan hanya kita berjanji pada orang yg mengajak tapi kita berjanji juga pada Allah, karena kita sudah berani melibatkan nama Allah, ya ditepatinlah, kecuali yang 1% tadi terjadi.jangan hanya terucap dibibir tapi juga dihati, ya kalau kita memang tidak berniat ya berikan saja alasan yang jelas, masih mending sih ada jawaban meskipun "Insya Allah" (palsu) setidaknya ada kepedulian untuk merespon dari pada mengajak tapi sama sekali TIDAK direspon padahal kita udah berupaya untuk mengajukan suatu silaturrahim, nah ini malah ga direspon kan bikin gedeg. 

Tapi yang lebih baik jangan menjadikan Insya Allah menjadi tameng kita yang seolah-olah untuk menghargai ajakan. Padahal itu justru mempengaruhi kepercayaan yang diberikan kepada Anda.

semoga kita menjadi orang yang berhati-hati dalam bertindak dan berucap. Sekuat apapun usaha manusia hanya Allah yang dapat menentukan.

terakhir mari kita dengarkan lagu Insya Allah-Maher Zain hehee... :D


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar